6 Langkah Sukses Saat Menjalankan Bisnis Budidaya Lele

Bisnis budidaya ikan lele – Di Indonesia memang menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menjalankan bisnis lele karena memiliki alam yang sesuai dengan habitat ikan ini. Budidaya lele bisa menghasilkan beberapa manfaat terutama dapat memperbaiki ekonomi dan mampu melestarikan ikan tersebut di alamnya. Namun, yang perlu diperhatikan saat menjalankan usaha ini adalah anda harus memastikan beberapa permasalahan yang bisa anda atasi untuk mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan saat panen.

Biasanya banyak orang yang tidak tahan dengan bisnis ini karena beberapa faktor diantaranya karena tidak sabar, banyak ikan yang mati, tidak kuat beli pakan, kualitas air yang tidak terjaga serta beberapa faktor manusia yang lupa memberi pakan lele. Padahal jika dilakukan dengan benar maka semua akan terasa mudah dan anda juga akan merasa senang karena mendapatkan keuntungan bisnis lele.

penyebab ternak lele gagal

penyebab ternak lele gagal

Penyebab Bisnis Ikan Lele Gagal

Bisnis lele merupakan salah satu usaha yang paling gampang untuk dilakukan karena bisa meraup keuntungan yang berlimpah saat panen. Diantara mereka yang menjalankan usaha lele ini, tidak sedikit peternak yang mengalami kegagalan dan panen yang tidak sesuai harapan. Tentu hal ini karena beberapa faktor yang dapat menyebabkan gagal panen atau ukuran yang tidak sesuai dengan harapan.

Faktor tersebut mungkin bisa kita atasi asal anda tahu bagaimana solusinya, dan berikut adalah faktor kegagalan budidaya ikan lele:

  • Lele tidak diberi makan yang sesuai
  • Tidak memperhatikan kesehatan ikan lele
  • Tidak melakukan pemijahan lele untuk menyesuaikan ukuran tubuh
  • Air kolam yang terlalu kotor dan tidak terawat
  • Ukuran kolam yang tidak sesuai dengan kapasitas
  • Terlalu banyak memberikan makan sehingga menyebabkan air kolam menjadi kotor

Kelemahan/kerugian Budidaya Ikan Lele

untung rugi ternak lele

untung rugi ternak lele

Saat kita hendak melakukan budidaya atau ternak, tentu anda juga harus mengetahui apa saja kelemahan dan kekurangannya. Selain faktor yang saya sebutkan diatas, ternyata ada banyak juga kerugian bisnis lele yang harus kita pikirkan sebelum menjalankan bisnis tersebut, diantaranya adalah berikut ini:

  1. Gampang mati
  2. Mudah stres
  3. Ukuran tubuh yang tidak besar-besar
  4. Rawan terhadap binatan buas seperti Regul, Ular sawah dan Biawak
  5. Air yang terus kotor

Keuntungan Bisnis ikan Lele

keuntungan bisnis lele

keuntungan bisnis lele

Sebagian dari kita memang tidak menyadari bahwa peluang ternak lele masih dibilang gampang-gampang susah. Banyak juga yang menyadari bahwa keuntungan bisnis lele yang didapat karena perawatan yang bagus, namun yang perlu anda ketahui disini saat bisnis ternak lele anda memang diharuskan untuk fokus dan serius dalam menjalankannya. Keuntungan ternak lele bisa sampai 10 kali lipat dari harga awalnya atau modal awal. Namun, anda juga harus memperhitungkan secara matang karena yang kita bisniskan adalah hewan hidup.

Rahasia Sukses Ternak Lele

Untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis lele pemula, anda harus mengetahui dulu bagaimana rahasia sukses pengusaha lele terkaya dalam menjalani sepak terjak untuk budidaya ikan lele ini. Ada beberapa faktor yang mungkin saya sudah sebutkan diatas yang menjadi rahasia sukses bisnis ikan lele sebagai berikut:

  • Mengerti cara perawatan lele yang benar
  • Memiliki modal
  • Tepat waktu memberikan makan
  • Mengetahui jenis penyakit dari lele
  • Memahami faktor-faktor yang menyebabkan ikan cepat besar
  • Bergaul dengan sesama peternak lele
  • Bergabung dengan komunitas peternak ikan lele di media sosial
  • Melakukan perubahan setiap gagal panen

6 Langkah Sukses Bisnis Lele Yang Menguntungkan

bisnis ikan lele menguntungkan

bisnis ikan lele menguntungkan

Untuk memperoleh kuntungan, anda juga harus menghitung untung rugi ternak lele karena bisnis ini termasuk susah untuk dijalani dan tidak mudah. Setidaknya anda harus memiliki modal yang cukup saat memulainya. Tapi, saya akan coba menjelaskan dengan singkat bagaimana agar mendapatkan untung besar saat budidaya ternak lele tersebut.

1. Menghitung Untung dan Rugi Ternak Lele

Sebelum benar-benar terjun ke bisnis ini, anda harus memastikan dulu dengan memperhitungkan apa saja yang digunakan dan apa saja kendala saat menjalankan ternak ikan lele tersebut. Saya sudah menjelaskan secara singkat di artikel ini tentang kerugian dan keuntungan yang kita peroleh. Anda bisa menilai bagaimana prospeknya bisnis ini. Yang penting, anda harus mempersiapkan modal yang banyak untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Biaya untuk budidaya lele

Saya pernah membaca beberapa analisa yang menyebutkan bahwa biaya ternak lele tidak lebih dari Rp 10 juta, itu sudah termasuk kolam, pembelian bibit, pembelian pakan dan biaya perawatan lainnya. Untuk lebih jelasnya mungkin akan saya jelaskan saja dan berikut penjelasan tentang biaya bisnis lele modal kecil untuk kolam terpal dan semen, disini.

3. Menghitung Omset Budidaya Ikan Lele

Tujuan kita menjalankan bisnis ini adalah untuk mendapatkan omset. Oleh karena itu, hitunglah omset anda secara rutin dan teratur agar anda mengetahui berapa jumlah pemasukan selama melakukan ternak tersebut. Jika menguntungkan, maka anda tambah jumlah bibit saat budidaya periode selanjutnya.

4. Mengetahui Cara menghitung keuntungan ikan lele

Sebagai pebisnis, tentu anda diharuskan untuk mengetahui semua biaya keluar dan masuk, tak terkecuali saat berbisnis lele ini. Di artikel selanjutnya saya akan coba menjelaskan bagaimana menghitung keuntungan ternak lele secara akurat. Anda tidak perlu ragu, karena saya akan membahasnya secara lengkap dan jelas.

5. Mempersiapkan Modal Awal ternak lele

Tentu jika anda hendak mencoba bisnis ikan lele, maka anda juga sudah memiliki modal awal. Modal awal yang digunakan bisa untuk membeli peralatan, kolam, bibit dan pakan ikan sampai panen. Modal ini sangat penting agar anda bisa menambah kekayaan saat mendapatkan keuntungan. Yang jelas, modal ternak lele adalah yang paling penting, jika tidak memiliki modal, maka sama saja bohong. Usahakan modal yang anda gunakan juga pas agar menjalankannya dengan sepenuh hati. Modal tersebut juga disesuaikan dengan ukuran dan jumlah bibit yang hendak di ternak.

6. Selalu belajar merawat ikan dengan benar

Jikalau anda memang gagal dalam ternak lele, maka yang anda lakukan adalah terus belajar, karena dengan pengalaman anda bisa belajar bagaimana mendapatkan keuntungan bisnis lele secara baik dan benar. Anda harus banyak membaca, sharing pada teman-teman, mengikuti kegiatan tentang ternak ikan lele, dan hal-hal yang dapat menguntungkan lainnya. Anda juga harus menjalankan bisnis tersebut dengan sepenuh hati supaya dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda.

baca:

Nah, itulah beberapa informasi yang bagus untuk anda ketahui jika menjadi seorang pemula dalam menjalankan bisnis lele pemula. dan semoga anda bisa terus menjalankan usaha dengan baik dan memperoleh keuntungan yang besar.

6 Langkah Sukses Saat Menjalankan Bisnis Budidaya Lele | waw | 4.5