ikan.waw.co.id

4 Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar

Perawatan ikan koi – sebenarnya sama saja seperti ikan lainnya, namun perbedaannya adalah koi berada di kolam sedangkan ikan hias lain pelihara di dalam akuarium. Untuk itu, saya akan membahasnya secara mendalam tentang merawat koi yang baik dan benar agar perkembangannya dapat kita perhatikan.

merawat ikan koi di kolam

merawat ikan koi di kolam

Sebelumnya saya sudah membahas tentang ikan koi, namun pada artikel tersebut tidak dijalaskan secara rinci bagaimana cara perawatannya. Pada kesempatan berbahagia ini, saya ingin menerangkan proses atau trik yang bisa kita lakukan agar ikan koi cepat besar dan cara merawat koi adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Makanan Ikan Berkualitas

Untuk memberikan perkembangan yang baik pada tubuh ikan hias, anda harus memberi asupan makanan bergizi dan sesuai dengan kebutuhan ikan. Pemberian pakan yang baik adalah sekitar pukul 7 pagi dan 5 sore. Usahakan memberi makan 2 kali dalam sehari agar koi memiliki perkembangan yang bagus.

Makanan yang sehat tentu akan membuat ikan koi terawat karena asupan gizinya diperhatikan. Apabila koi dirawat dengan baik maka perkembangan tubuh akan lebih cepat besar. Jenis makanan ikan koi yang berkualitas antara lain adalah:

  • Color Enhancer (Mencerahkan warna)
  • Super Growth (Membesarkan)
  • Breeder Pro
  • Ulat Hongkong (Pakan Alami)
  • Udang

Itu adalah beberapa makanan kesukaan koi. Untuk itu, anda harus rajin memberikan makanan berkualitas agar ikan jadi tambah semangat dan terawat dengan baik.

2. Menjaga Kualitas Air Kolam

Biasanya para pecinta koi akan memahami hal ini. Kualitas air menjadi fokus utama untuk perawatan ikan koi karena air merupakan salah satu sumber kehidupan untuk ikan sama halnya seperti merawat arwana. Oleh sebab itu, sebaiknya jika anda mencoba memelihara atau bisnis ikan koi, maka sebaiknya memperhatikan kualitas air yang ada di kolam.

Kualitas air tersebut antara lain adalah mengatur suhu, kejernihan dan kadar air. Pastikan kadar air dalam keadaan normal atau tidak kotor. Jika kondisi air kotor, maka hal ini akan mempengaruhi perawatan warna ikan koi dan tentu dapat merusak perkembangan.

3. Suhu Air

Setelah anda menjaga kualitas air, kini perawatan selanjutnya adalah menjaga suhu air. Suhu air yang normal adalah 23 sampai 24 derajat celcius. Apabila suhu air kurang dan lebih dari normal maka akan membuat ikan stres dan perkembangan terganggu. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan termometer untuk mengukur suhu air ikan koi agar tetap normal.

4. Mengatur Cahaya Atau Memberikan Tempat Teduh Untuk Koi

Kita sebagai manusia saja apabila terkena langsung oleh cahaya matahari dapat merasa panas, apalagi ikan. Biasanya kolam koi tidak dibuat di dalam ruangan, melainkan diluar ruangan. Oleh sebab itu, panas matahari akan langsung menuju kolam. Hal ini perlu diantisipasi bagi penggila koi karena dapat merusak tubuh dan warna koi. Untuk mengantisipasinya, anda bisa memberikan tempat teduh atau tumbuhan yang hidup diatas air. Bisa juga anda tanamin pohon-pohon tinggi dipinggir kolam agar memberi tempat/titik teduh bagi ikan koi.

Baca Juga: Merawat Louhan

4 cara diatas dapat membuat pertumbuhan ikan koi menjadi lebih bagus dan memiliki warna yang lebih baik. Semoga artikel ini membantu cara untuk merawat ikan koi bagi anda semua.

 

Pencarian Ikan Terbaru:

  • cara memelihara ikan koi biar cepat besar
  • cara ikan hias koi biar cepat besar
  • cara mencerahkan warna ikan koi di aQuarium com
  • ulat hongkong untuk pakan koi
4 Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar | waw | 4.5