ikan.waw.co.id

IKAN GURAME: Manfaat, Habitat, Jenis dan Budidaya

Ikan gurame dikenal sebagai ikan konsumsi air tawar yang paling nikmat untuk disajikan bersama keluarga. Selain terkenal sangat enak untuk dimasak, ternyata gurame atau gurami ini memiliki hal lain yang perlu kita ketahui agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang ikan sungai paling populer ini.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana manfaat, tempat berkembang biak atau habitat, berbagai jenis gurame serta cara budidaya yang baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan saat mempelihara ikan ini secara lengkap dan detail. Nama latin dari ikan gurame adalah Osphronemus Goramy.

Habitat Ikan Gurame

Habitat gurame adalah sepanjang aliran sungai atau danau. Sungai menjadi tempat berkembang biak paling digemari dan menjadi tempat persembunyian paling aman dari predator lainnya.

Ikan gurame biasanya bersembunyi di bawah ranting-ranting pohon atau di balik semak-semak pinggiran sungai untuk melindungi dirinya dari predator ataupun pemancing.

Jenis Ikan Gurame

Kita ketahui bersama bahwa ada banyak jenis ikan air tawar dari satu hewan, jenis tersebut tentu berdasarkan golongan dan habitatnya, sehingga tak heran banyak sekali macam-macam gurame, diantaranya adalah:

Gurame Batu

gurame batu

gurame batu

Gurame ini terkenal dengan nama batu karena hidup di sungai atau perairan yang penuh dengan bebatuan. Warna sisiknya yang mencolok membuat ikan gurame batu mudah dikenali. Tapi sayangnya, dibeberapa daerah hanya sedikit yang ingin mempelihara atau mencarinya. Meskipun ikan gurame batu merupakan jenis yang paling mahal jika dijual. Alasan yang membuat ikan ini sedikit peminatnya adalah karena waktu berkembang biak yang cukup lama dan memakan waktu hingga tahunan. Untuk mendapatkan gurame batu dewasa anda harus menunggu sekitar 2 tahun.

Gurame Putih

gambar gurame putih

gambar gurame putih

Sebenarnya warna tidak menjadi dasar utama dalam menentukan jenis dari ikan ini. Namun, karena warna ikan tersebut lebih cenderung putih, maka banyak yang menyebutnya sebagai ikan gurame putih. Jenis ini biasanya juga disebut dengan gurame paris loh. Perbedaan dari gurame lainnya tidak terlalu signifikan, hanya warna saja yang berbeda. Sedangkan untuk waktu berkembang biak, gurame putih cenderung lebih cepat, sekitar 7 bulanan.

Gurame Abu-Abu/Bastar

gurame abu abu

gurame abu abu

Warna abu-abu menjadi ciri utama dari ikan ini. Jangan salah, meskipun warnanya yang memiliki ciri khas tersendiri, ternyata gurame bastar menjadi salah satu yang paling populer untuk dikonsumsi daripada jenis lainnya. Tanda lain ikan ini adalah memiliki moncong atau bibir yang tebal.

Gurame Porselen

gurame porselen

gurame porselen

Gurame jenis ini ternyata dapat dijadikan sebagai menu hidangan yang paling enak. Selain dapat dibudidaya dengan mudah, ikan gurame ini juga lebih cepat besar dibandingkan dengan jenis jenis gurami loh. Untuk ciri-ciri dari ikan gurame porselen bisa kita bedakan dari bentuk kepala. Jenis porselen memiliki bentuk kepala yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan gurame lainnya. Biasanya jenis ini menjadi salah satu yang favorit untuk dijadikan bisnis ikan gurame karena dapat berkembang biak dengan cepat serta perkembangan tubuh yang lebih cepat dibanding lainnya.

Jenis lainnya:

  • Gurame Bluesafir
  • Gurame Kapas
  • Gurame Jepang
  • Gurame Angsa
  • Dll.

Manfaat Ikan Gurame

Manfaat gurame adalah dapat memberikan energi bagi tubuh kita jika sering menkonsumsinya. Selain dari memberikan energi, ternyata ikan ini juga bagus loh untuk perkembangan otak manusia dan berikut adalah penjelasannya:

  1. Memberikan Kekuatan Daya Ingat Otak: berbagai riset telah membuktikan bahwa manfaat apabila sering makan ikan gurami adalah dapat memberikan daya ingat yang lebih bagi perkembangan otak kita. Kandungan Omega 3 pada ikan ini bagus untuk anak bayi dan balita.
  2. Menghaluskan Kulit Tubuh: Pasti pada bingungkan kok bisa sih untuk menghaluskan kulit kita. Ya, percaya tau tidak kandungan vitamin yang ada di tubuh gurame dapat memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan sel-sel kulit manusia.
  3. Mencegah Berbagai Penyakit: penyakit bisa datang dari makanan, tapi bagaimana jika makanan mengobati penyakit. Ikan gurame menjadi penawar yang tepat apabila anda memiliki penyakit kanker, jantung, busung lapar dan kekurangan gizi. Ikan ini dapat membantu manusia untuk memperbaiki struktur sel-sel rusak.

Baca Juga: Ikan Gabus

Budidaya Ikan Gurame

Budidaya gurame dapat dilakukan di tempat-tempat terbuka seperti kolam, kolam buatan, bak, sumur dan lain sebagainya. Tapi, jika anda meletakkan ikan di dalam sumur, maka jumlahnya juga harus disesuaikan dengan ukuran sumur. Nah, biasanya untuk melakukan ternak ikan gurame anda harus menyediakan setidaknya kolam berukuran 3×4 dan memiliki kadar air yang bagus serta mengalir.

Proses budidaya ini akan saya jelaskan secara lengkap di artikel selanjutnya karena ini akan membahas secara lengkap dan jelas. Untuk itu, saya akan menjelaskannya dilain kesempatan.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan sebagai acuan anda tentang ikan gurame. Semoga artikel ini terus memacu semangat anda untuk melestarikan ikan dan melindungi habitat-habitat yang ada di alamnya. Salam pecinta ikan.

 

Pencarian Ikan Terbaru:

  • gambar ikan konsumsi dari nama latin habitat dan kandungan gizi
  • gurami manfaat
  • habitat ikan gurame
  • KETERANGAN TENTANG IKAN GURAME
  • pengertian ikan gurame
IKAN GURAME: Manfaat, Habitat, Jenis dan Budidaya | waw | 4.5