ikan.waw.co.id

IKAN LELE: Budidaya, Habitat, Gambar Dan Jenis Terlengkap

Ikan Lele – Pada kesempatan kali ini, saya ingin share tentang ikan yang memiliki habitat di air keruh dan beraktifitas pada malam hari. Nama latin ikan lele adalah Clarias. Banyak orang berburu ikan ini karena dapat dijadikan lauk yang nikmat. Ada juga yang melakukan budidaya ikan ini karena nilai ekonominya yang tinggi. Bagi anda yang penasaran, anda harus terus membaca artikel ini sampai habis ya.

Jenis Lele

Jenis Ikan lele biasanya di identikkan oleh lokasi ikan ini berada, misalnya di daerah jawa, sumatera, kalimantan dan daerah lainnya. Nama lele dimasing-masing daerah juga berbeda, misalnya di pulau sumatera, ada yang menyebutnya dengan kelik, limbat, ikan malam dan lain sebagainya. Nah, bagi anda yang masih penasaran dengan jenis lele, berikut penjelasan singkatnya:

Lele Dumbo

lele dumbo

Lele ini biasanya menjadi favorit bagi pengusaha ikan karena dapat dengan mudah berkembang biak serta ukurannya yang cukup besar dibandingkan ikan lain. Lele ini hidup diperairan yang berlumpur dan keruh sehingga membuat lele ini agak sedikit tidak enak saat di goreng atau dimasak.

Keuntungan memelihara lele dumbo mungkin karena ikan ini sangat cepat besar. Tapi, ukuran tubuh ikan juga tergantung dari bagaimana kita memberikan makannya. Lele dumbo bisa mencapai bobot 5 kg, bahkan lebih. Lele terbesar memang berasal dari jenis ikan lele dumbo.

Baca Juga: Ikan Mas

Lele Sangkuriang

Ikan lele sangkuriang juga biasa dengan ikan yang mudah diternak. Biasanya penggiat bisnis lele memelihara jenis sangkuriang karena mudah beradaptasi dan sangat gampang berkembang biak. Oleh karena itu, wajar jika banyak yang menyukai lele jenis ini.

lele sangkuriang

Lele Phyton

Jenis ini biasanya ditemukan di rawa atau diperairan yang memiliki warna hitam. Lele ini memiliki ciri-ciri badan yang kecil, kepala yang besar dan tubuh yang panjang. Lele ini juga biasanya sangat digemari oleh pemancing.

jenis lele phyton

Jenis Lele Masamo

Nah, jenis selanjutnya adalah bernama masamo. Ciri-ciri lele ini memiliki bentuk kepala yang lebih panjang dan ekornya yang juga cukup panjang. Namun, beberapa riset membuktikan kalau jenis lele ini adalah jenis ikan yang paling enak dari spesies clarias lainnya.

jenis ikan lele masamo

Limbat

Jenis ini dikenal sebagai ikan lele yang sangat sulit dicari, mengapa? Karena jika ingin memancing ikan ini, kita harus memancingnya pada saat matahari akan tenggalam atau magrib, dan bisa juga pada malam hari dari jam 7 sampai 12. Ikan ini sangat agresive ketika malam, sehingga banyak yang mencoba keberuntungan dengan memancing ikan lele jenis limat ini.

ikan lele limbat

Habitat Ikan Lele di Alamnya

Banyak diantara kita pasti bingung, dimana sih sebenarnya habitat lele ini berada? Ikan ini hampir sama seperti gabus yang memiliki habitat rawa atau perairan semak belukar. Ikan lele besar biasanya akan memangsa ikan-ikanan kecil seperti sepat, tanah-tanah dan lain sebagainya. Beberapa orang juga mengatakan lele memiliki habitat yang sepi dan senyap. Saya pribadi pernah memancing ikan limbat yang berukuran hampir 1 meter dengan berat hampir 1 Kg di rawa-rawa semak belukar. Bahkan, untuk memancing ikan ini, saya harus rela menyebrangin sungai tanpa perahu. Selain dari semak dan rawa, ikan ini juga bisa hidup disungai, namun hanya untuk jenis tertentu saja. Biasanya, jenis lele dumbo atau sangkuriang. Untuk jenis lainnya, ikan tersebut akan memilih untuk menuju hulu sungai atau air yang cukup keruh.

habitat asli ikan lele

 

Pencarian Ikan Terbaru:

  • ciri habitat lele
  • gambar ikan lele dan ciri
IKAN LELE: Budidaya, Habitat, Gambar Dan Jenis Terlengkap | waw | 4.5