ikan.waw.co.id

IKAN MAS: Habitat, Manfaat, Jenis, Gambar Dan Budidaya

Ikan Mas – Sebelum saya membahas tentang ikan mas, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu tentang beberapa artikel yang saya bahas tentang ikan hias. Nah, pada kesempatan berbahagia ini, saya sangat senang karena masih bisa melanjutkan informasi terkait tentang ikan. Karena di situs ikan waw ini, kita akan banyak mendapatkan informasi lengkap dan Panjang.

Baiklah, mari kita bahas terlebih dahulu dari mana asal ikan mas tersebut ya. Asal muasal ikan ini pertama kali diberi nama latin Cyprinus Carpio. Ikan mas adalah salah satu ikan air tawar yang paling digemari untuk dikonsumsi karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan selain itu, ikan ini juga tersebar hamper di seluruh Indonesia. Dimasing-masing daerah di Indonesia, penyebutan ikan mas juga berbeda-beda, Ada yang menyebutnya dengan istilah tombro,kancra, tikeu, raja, ameh dan rayo tergantung dari daerah penyebaran ikan ini.

Habitat Ikan Mas

Habitat mas tersebar hampir di seluruh perairan yang ada di asia. Istilahnya, jika ada air, maka ikan inipun ada. Penyebaran yang luas dikarenakan ikan ini mudah berkembang biak sehingga tak heran, ikan ini juga banyak ditemukan dari sabang sampai marauke.

Ikan mas hidup diperairan deras ataupun air tenang dan perairan yang luas seperti danau. Peredaran ikan mas di Indonesia pertama kali hadir saat orang china, Taiwan dan Jepang mulai memasuki Indonesia.

Manfaat Ikan Mas

Manfaat ikan ini hampir sama seperti ikan lainnya seperti patin, gabus, lele dan ikan konsumsi lainnya. Beberapa diantara kita pasti pernah mengkonsumsi ikan mas ini karena rasanya yang enak dan lembut, namun sayang, ikan ini identik dengan tulang yang banyak.

Manfaat lain jika mempelihara ikan mas adalah sama halnya seperti mempelihara ikan koi, manfaat ikan koi kurang lebih hampir sama dengan ikan mas. Sebenarnya, koi dan mas tidak memiliki perbedaan yang signifikan, perbedaannya terlihat dari warna saja. Klasifikasi ikan mas ini juga tidak berbeda jauh dengan ikan koi loh. Manfaat memakan ikan mas adalah dapat memberikan kebugaran bagi tubuh manusia, serta mendapatkan beberapa kandungan nutrisi yang baik bagi perkembangan otak kita.

Jenis Ikan Mas

Berbicara jenis, pasti akan banyak sekali jenis-jenis yang tersebar di perairan Indonesia. Namun, tahukah kamu ternyata ikan mas juga dapat digolongkan sebagai ikan hias yang dapat dipelihara loh. Ikan mas hias ini biasanya dipelihara oleh para pecinta ikan air tawar. Keindahaan dan keunikan ikan ini dapat kita rasakan saat melihatnya di akuarium ataupun di kolam. Untuk jenisnya ada banyak, diantaranya adalah:

  • Ikan Mas Punten: Ikan mas ini biasanya banyak dicari untuk dikonsumsi dan dijadikan resep-resep makanan yang enak. Bentuk tubuhnya yang besar membuat ikan ini cocok dijadikan lauk. Penyebaran ikan ini banyak ditemui di jawa timur, jawa tengah hingga sumatera.
  • Ikan Mas Nyonya: Sebutan nyonya mungkin saja ikan ini gampang bertelur, oleh karena itu sebutan nyonya atau ibu membuat ikan mas yang satu ini menjadi daya Tarik sendiri. Warnanya yang mencolok, yaitu kuning ke emas-emasan membuat ikan ini gampang untuk ditemukan disungai.
  • Ikan Mas Taiwan: Yang satu ini hampir mirip dengan ikan koi, atau bisa juga dibilang ikan koi, karena termasuk di dalam 1 golongan dengan koi, namun perbedaannya adalah dari bentuk sisik dan ukuran. Jika, koi memiliki ukuran lebih besar, berbeda dengan ikan mas Taiwan yang hanya memiliki ukuran maksimal 2 telapak tangan atau 30 cm.
  • Ikan Mas Merah: Banyak yang emngatakan jika ikan mas merah adalah koi, semua tidak ada yang salah, semua benar karena ikan yang satu ini memang ikan koi. Bentuk badan ikan ini cukup menjadi perbedaan ikan koi dan ikan mas.
  • Ikan Mas Majalaya: Ikan satu ini menjadi favorit untuk memancing, banyak orang bertarung untuk mendapatkan ikan yang sudah mulai langka ini. Namun, tak jarang juga orang yang sudah mencoba untuk budidaya ikan mas majalaya. Jadi, bagaimana pendapat anda?

Baca Juga: Ikan Piranha

Sebenarnya masih banyak lagi ikan-ikan mas lain yang bisa kita bahas. Saya tidak akan membahas satu persatu namun, diantaranya adalah sebagai berikut dari jenis ikan mas lainnya:

  1. Mas Lokal
  2. Mas Yamato
  3. Kumpay
  4. Mas Kaca
  5. Fancy
  6. Ikan mas koi
  7. Ikan mas koki
  8. dll

Nah, sedangkan yang biasanya dijadikan jenis ikan mas hias adalah kumpay, koi, kaca, mas koki, fancy dan lain sebagainya.

Gambar Ikan Mas Sesuai Jenisnya

Belum Di Upload

Budidaya Ikan Mas

Ternak ikan mas itu sangat mudah dilakukan, apalagi jika anda memiliki kolam sendiri. Ikan mas dikenal sebagai ikan yang mudah bertelur dan berkembang biak. Untuk mencoba meraup untung dari jual beli ikan mas ini, anda harus menyiapkan 1 pejantan yang mapan dan 3 betina dewasa di dalam satu kolam.

Melakukan budidaya ikan mas ini bisa anda lakukan di kolam berukuran 2×3 atau yang lebih luas. Anda juga bisa mencobanya di akuarium. Usaha ikan mas saat ini menjadi salah satu yang paling diminati oleh pengusaha ikan di Indonesia sebab harga jualnya cukup tinggi. Di pasaran ikan ini dijual sekitar 20rb sampai 40rb per kilonya.

Sebenarnya hampir semua budidaya itu sama, misalnya seperti budidaya ikan patin, ikan gurame, ikan gabus, ikan lele dan ikan lainnya. Nah, bagi anda yang ingin mencoba budidaya, ada baiknya anda mencari informasi dari buku-buku yang khusus membahas tentang peluang budidaya ikan air tawar yang banyak dijual di gramedia.

Itulah beberapa penjelasan saya tentang ikan mas. Lebih dan kurang, sumber ini saya ambil dari google, Instagram, dan media social lainnya. Semoga menjadi inspirasi bagi anda yang sedang mencari informasi ikan bewarna emas ini ya.

Pencarian Ikan Terbaru:

  • habitat ikan mas
  • pengertian ikan mas
  • habitat dan penyebaran ikan mas
  • gambar jenis ikan mas kumpay
  • tempat hidup dan makanan ikan mas
  • kegunaan ikan mas dan ciri cirinya
  • jenis ikan mas berdasarkan asal dan gambarnya
  • jenis ikan amas berdasarkan asal dan makanan ikan mas tersebut
  • ikan mas hidup di air
  • habitat aslinikan masa dalah
IKAN MAS: Habitat, Manfaat, Jenis, Gambar Dan Budidaya | waw | 4.5