ikan.waw.co.id

IKAN NILA: Jenis, Pakan, Habitat, dan Budidaya

Ikan Nila – Nila adalah jenis ikan konsumsi yang paling mudah untuk dibudidayakan. Ikan Ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga banyak orang yang berusaha untuk mencari keuntungan dari usaha nila. Permintaan pasar kepada peternak ikan juga sangat tinggi karena daya konsumsi masyarakat terhadap nila bisa dikatakan yang paling besar di Indonesia selain dari ikan lele.

Pada kesempatan ini, saya akan coba membahas secara lengkap tentang jenis, makanan, tempat hidup, dan cara budidaya ikan nila. Oleh karena itu, anda harus tetap membaca artikel ini sampai habis ya agar semakin paham tentang ikan yang bernama latin Oreochromis Niloticus.

Jenis Ikan Nila

Jenis nila tergolong sangat banyak karena bentuknya yang hampir-hampir mirip mujair dan ikan lainnya. Bahkan nila mirip louhan jika diperhatikan secara sepintas. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan nila yang harus anda ketahui:

Nila Lokal

Jenis lokal pastinya yang berasal dari indonesia. Oh ya, berbicara tentang asal usul, apakah anda sudah tau darimana asalnya ikan nila? Ikan ini awalnya berasal dari afrika yang berhasil dibawa masuk oleh para pendatang untuk dikonsumsi, namun pada akhirnya ikan nila berkembang-biak dengan cepat dan baik dengan alam indonesia.

ikan nila lokal

Karena nila tahan dengan kondisi air yang seperti apapun, maka banyak pebisnis mulai mengincar ikan ini untuk dijadikan sumber keuntungan. Jadi tak heran, jika saat ini banyak orang yang sudah bisa melakukan budidaya nila.

Ikan Nila Gesit

Dari namanya sudah pasti ikan ini sangat lincah. Ya, kelincahan ikan nila ini berasal dari habitatnya yang berada disungai air deras sama seperti ikan wader. Ikan ini hidup di perairan yang memiliki arus yang sangat deras. Bahkan, diantara kita tidak percaya kalau ikan ini dijuluki sebagai sigesit.

jenis nila gesit

Ikan Nila Nirwana

Dalam beberapa kasus, ikan disilang dengan jenis lain untuk menghasilkan jenis yang berkualitas. Bibit nila berkualitas tentu hasil persilangan dengan nila-nila unggul seperti nila lokal, gesit, best dan gift.

ikan nila jenis nirwana

Karena bentuk dan bobotnya yang bagus, ikan ini juga menjadi incaran para pebisnis untuk diperjualbelikan di pasaran.

Ikan Nila Larasati

Warnanya yang mencolok membuat ikan ini mudah untuk ditandai. Biasanya, beberapa orang juga menjadikan ikan nila hias ini sebagai penghias kolam yang dicampur dengan ikan koi dan lain sebagainya.

nila jenis larasati

Ikan Nila Citralada

Meskipun ikan ini jarang ditemui, namun banyak juga yang menjadikan ikan ini santapan yang nikmat. Di Indonesia sendiri, untuk menemukan nila citralada anda harus mendatangi beberapa penggila ikan atau tempat budidaya ikan ini. Karena, jenis citralada termasuk ini yang cukup langka dan sulit dicari.

Jenis ikan nila citralada

Citralada ini juga biasa disebut dengan ikan nila merah karena memiliki warna yang cukup terang. Jika larasati berwarna kekuning-kuningan, maka citralada agak kemerah-merahan.

Nah, itulah beberapa jenis nila kita sering jumpai. Untuk nila langka mungkin akan saya bahas dilain kesempatan. Dan dari semua jenis tersebut? Manakah nila favorit anda?

Makanan Ikan Nila

Pakan nila menjadi aspek paling penting jika ingin ternak ikan ini. Makanan nila yang baik tentu menggunakan bahan-bahan alami yang ada di alamnya seperti udang, jangkrik dan lain sebagainya. Tapi, makanan yang bagus untuk ikan nila adalah Dedak, jagung, tepung kedelai dan sebagainya. Pakan ikan nila selain pelet banyak kita temui dipasaran, bisa dalam bentuk bubuk ataupun cairan (untuk anakan).

Baca Juga: Ikan Lele

Makanan favorit ikan ini sebenarnya adalah udang, namun karena harga udang dan keterbatasan untuk mencari sendiri disungai sangat sedikit, maka tak hanyal banyak pebisnis yang memberikan makan nila itu dengan pelet. Pelet sangat praktis karena dapat menentukan perkembangan tubuh si ikan. Pelet yang baik dan pemberian pakan yang tepat membuat ikan nila semakin cepat untuk di panen. Panen ikan nila berjangka waktu antara 3 bulan hingga 5 bulan, tergantung dari permintaan pasar di sekitar tempat budidaya.

Habitat Ikan Nila

Habitat nila adalah perairan air tawar yang banyak terdapat sumber makanan seperti udang, lumut dan keong. Nila tidak akan bisa hidup diperairan payau. Selain itu, nila juga dapat hidup di perairan dangkal dan dalam. Jadi tak heran, nila juga dapat dibudidayakan di danau dengan kolam buatan.

Habitat ikan nila ini juga menjadi salah satu incaran atau spot yang paling banyak didatangi oleh pemancing. Misalnya seperti sungai, danau, rawa dan lain-lain.

Pencarian Ikan Terbaru:

  • habitat ikan nila
  • makalah penanaman ikan dan habitatnya
  • jenis pakan dan habitat ikan nila lengkap
  • air deras/tenang untuk ikan nila
  • ikan nila hias
  • kesukaan hidup ikan nila
  • kesukaan hidupnya ikan nila
IKAN NILA: Jenis, Pakan, Habitat, dan Budidaya | waw | 4.5