ikan.waw.co.id

IKAN PATIN: Jenis, Budidaya, Ciri-ciri dan Habitat Lengkap Disini

Ikan Patin – Ikan bernama patin ini sebenarnya sangat terkenal di Indonesia. Semua masyarakat pasti mengenal ikan yang memiliki ciri ciri badan Panjang dan berkumis ini. Ikan yang sering dijadikan konsumsi ini juga menjadi salah satu ikan favorit bagi para mincing mania loh. Nah, dari situlah saya ingin memberikan informasi menarik tentang jenis, budidaya, ciri-ciri dan habitat dari ikan patin.

Jenis Ikan Patin

Jenis patin yang biasa kita temui adalah Pangasius Lithostoma atau ikan patin konsumsi. Ikan ini sering kita jumpai di sungai-sungai ataupun danau di sekitar pulau Sumatra, jawa dan Kalimantan. Jenis dari patin memang beraneka ragam dan banyak ciri-cirinya yang harus anda bedakan dan berikut adalah penjelasan singkatnya:

1.Pagasius Nasutus (Patin Panjang)

gambar ikan patin panjang

gambar ikan patin panjang

Ikan ini biasanya berada di perairan dalam yang tak jarang muncul ke permukaan untuk sekedar mencari makan. Ciri ciri ikan patin ini adalah memiliki moncong dan badan yang Panjang serta warnanya yang gelap meskipun masih anakan.

2.Patin Juara

patin juara

patin juara

Patin yang memiliki habitat di pulau Sumatra dan Kalimantan ini ternyata menjadi salah satu ikan favorit untuk di ekspor ke luar negeri loh. Dari tubuhnya yang besar dan Panjang, maka ikan ini sangat banyak memiliki daging dan tentunya enak untuk dikonsumsi. Patin juara juga sering kita jumpai di sekitaran jawa, istilah patin juara ini hadir karena bobot dan ukuran yang diluar dari batas normal.

3.Patin Hias

patin hias bagus

patin hias bagus

Semua ikan sepertinya bisa menjadi hiasan akuarium deh, buktinya patin saja ada yang berjenis ikan hias peliharaan. Jadi, tak heran kalau misalnya ada beberapa orang yang menyebutnya sebagai ikan patin hias. Ciri-cirinya cukup mudah, yaitu memiliki badan yang kecil dan corak warna yang unik.

Baca Juga: Ikan Gurame

Sebenarnya masih banyak lagi jenis dari ikan patin yang harus anda ketahui, namun dari semua sama saja, tidak ada yang berbeda. Perbedaannya biasanya dipenyebutan saja di masing-masing daerah.

Budidaya Untuk Ikan Patin

Budidaya ikan patin sangat penting untuk dilakukan agar menjaga ekosistem perikanan Indonesia. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya orang yang gampang untuk melakukan budidaya, bahkan di dukung oleh pemerintah. Sekedar informasi, patin merupakan salah satu ikan yang mudah dipancing loh. Nah, untuk melakukan budidaya ikan konsumsi ini, yang perlu anda ketahui adalah hal-hal sebagai berikut:

  • Lokasi budidaya harus sesuai dengan habitat asli ikan patin
  • Usahakan berada di dalam kolam yang cukup luas dan dalam
  • Pemberian pakan yang teratur akan membuat perkembangan tubuh ikan semakin baik
  • Kadar air kolam juga harus diperhatikan, jika perlu air harus terus mengalir dengan 1 sumber
  • Lakukan Pembudidayaan benih di kolam yang sudah disediakan, lalu pisahkan semua benih dari indukan.

Proses budidaya yang bisa dilakukan untuk ikan patin bisa anda coba sendiri dirumah, tapi dengan catatan, anda harus memiliki kolam yang cukup luas agar mendapatkan hasil yang maksimal. Budidaya patin konsumsi ini juga bermanfaat menambah pundi-pundi penghasilan anda, karena harga ikan patin dipasaran cukup mahal sekitar Rp 20rb / kg.

Ikan Patin Memiliki Ciri-ciri Seperti Ini

Yang kurang paham, maka anda akan belajar paham tentang ciri-ciri ikan patin berikut ini ya. Saya akan menjelaskan secara singkat dan padat saja, karena mungkin tanda patin sudah banyak yang mengetahuinya. Ikan patin memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:

  1. Tubuh yang Panjang dan berlendir
  2. Memiliki moncong yang agak Panjang
  3. Memiliki sirip punggung dan patil
  4. Ekor yang lebar serta besar
  5. Warna yang cerah tergantung air
  6. Bentuk tubuh sedikit pipih
  7. Mulut yang lebar

Nah, ciri-ciri diatas bisa dibuat patokan untuk membedakan ikan patin dengan ikan lainnya seperti baung, lele, arwana, louhan, silais dan lain sebagainya.

Habitat Ikan Patin

Habitat patin tentunya berada di air yang jernih dengan kadar ph yang agak sedikit asin. Ikan ini sebenarnya bukan ikan payau namun ikan ini akan mudah berkembang biak apabila berada di air yang cukup asin.

Biasanya habitat patin berada di sungai atau danau-danau yang memiliki ukuran besar. Sehingga tak jarang banyak ikan ini ditemui di danau besar di Indonesia. Nah, menurut anda bagaimana? Apakah hal ini bisa dijadikan patokan untuk menentukan habitat dari ikan konsumsi air tawar ini? Pikirkan sendiri ya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada pertanyaan seputar merawat ikan patin, jangan malu-malu bertanya dan kontak saya melalui email ya.

Pencarian Ikan Terbaru:

  • ciri ciri ikan patin
  • habitat ikan patin
  • warn ikan patin
  • ciri ikan patin
  • sebutkan ciri-ciri dari ikan patin
  • ciri ciri daging ikan patin
  • sebutkan karakteristik dari ikan gurame ikan patom
  • ikan patin jenis ikan ternak
  • tempat hidup ikan patin
  • jenis ikan pati
IKAN PATIN: Jenis, Budidaya, Ciri-ciri dan Habitat Lengkap Disini | waw | 4.5