ikan.waw.co.id

5 Tips Untuk Merawat Ikan Louhan Agar Memiliki Jenong Yang Besar

Merawat Louhan – Sebelumnya saya sudah bahas tentang perawatan ikan arwana dan kali ini akan membahas bagaimana cara merawat ikan louhan supaya mempunyai jenong yang besar.

Sebelum saya membahasnya lebih dalam, apakah anda sudah memiliki ikan louhan dirumah? Nah, kalau belum silahkan cari dipasar, karena saat ini harga ikan louhan sedang naik. Jadi, jangan sampai anda tidak bisa membelinya, hitung-hitung sebagai invest masa tua, hehe.

Saya pernah membahas tentang apa saja manfaat memelihara ikan louhan di artikel sebelumnya dan kali ini saya akan membahas tentang perawatan louhan dan mungkin akan bermanfaat bagi anda yang sedang membaca artikel ini.

perawatan ikan louhan

perawatan ikan louhan

Pada dasarnya, semua perawatan ikan itu sama saja yaitu membersihkan akuarium, memberikan pakan dan mengatur suhu air. Namun, untuk perawatan louhan agar jenong maka kamu harus membaca artikel ini sampai habis dan merawat ikan louhan adalah tipsnya sebagai berikut:

1. Usahakan Louhan Jangan Sampai Stres

Ikan louhan sangat mudah stres dan sakit, hal ini bisa dilihat saat anda selesai mengganti air akuarium. Ternyata, faktor stres merupakan salah satu penyebab jenong louhan tidak bisa membesar. Beberapa pecinta ikan ini mengatakan kalau ikan louhan stres, maka jenong yang ada di kepalanya bisa mengecil. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan membuat louhan menjadi stres ya. Penyebab louhan stres berat antara lain karena:

  • Salah memberikan makan
  • Sering mengganti air
  • Kesepian
  • Dan Kurang Perawatan

2. Tips Mengganti Air Akuarium Untuk Ikan

merawat louhan

merawat louhan

Akuarium anda sering kotor dan sering ganti air? Tentu hal ini membuat ikan tidak nyaman, bukan. Nah saya memiliki tips agar anda dapat mengganti air tanpa membuat ikan stres. Sebelum mengganti air akuarium, pastikan dulu ikan masih dalam keadaan sehat, karena kalau sakit bisa berbahaya bagi si ikan itu sendiri. Setelah memastikan kesehatan ikan, maka yang perlu anda lakukan adalah memindahkan ikan ke ember besar dengan suhu air yang kurang lebih sama dengan air akuarium. Setelah itu, anda bisa membuang air akuarium menggunakan selang sampai habis. Kemudian, isi kembali akuarium dengan air yang segar dan tunggu beberapa saat sampai kadar air normal (Jangan lupa hidupkan filter). Lalu, anda bisa memasukkan ikan secara perlahan dan lihat reaksi louhan setelah pergantian air akuarium tersebut. Bila ikan tidak diam saja, artinya si louhan tidak stres.

3. Pemberian Pakan Yang Tepat Akan Mempercepat Proses Jenong

Merawat louhan dengan pakan yang sehat pasti akan membuat ikan semakin semangat untuk tumbuh besar di dalam akuarium. Beberapa diantara kita acuh tak acuh tentang pemberian makan ikan louhan ini. Saya menyarankan bagi anda yang memiliki ikan louhan, cobalah memberikan pakan yang cukup bervariasi seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong dan kelabang kecil. Hal ini agar membantu perkembangan jenong ikan louhan menjadi lebih cepat. Tips lain untuk memberikan makan adalah dengan melihat jenis ikan louhan yang sedang anda pelihara. Setiap jenis louhan itu memiliki perbedaan pakan dan hal ini perlu kamu ketahui agar tidak salah dalam memberikan pakan terbaik untuk louhan.

Pemberian kroto untuk louhan juga diharapkan tidak terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan ikan gemuk dan sudah bergerak sehingga louhan menjadi malas.

4. Carikan Lawan

Mencari lawan bukan berarti harus disatukan di akuarium, proses mencarikan lawan ini bisa kita akali dengan meletakkan kaca di luar akuarium. Nah, ketika louhan melihat reaksinya, dia akan merasa marah dan geram karena ada ikan lain di daerah kekuasaanya. Hal ini bagus dilakukan untuk membantu proses pembentukan mental dan dapat dijadikan bisnis ikan louhan. kamu bisa mencarikan lawan bukan hanya dari louhan lain, kamu juga bisa mencarinya dengan ikan lain yang dijadikan pakan. Anda bisa mencarinya dengan memancing ikan dengan mudah.

5. Sering Diajak Main

Bukan diajak keluar akuarium ya! tapi diajak bermain dengan tangan kita. Sekali-kali cobalah memasukkan tangan anda di akuarium agar ikan mengerti siapa tuannya. Jika ikan masih takut, anda bisa mencoba memainkan tangan dari luar akuarium. Lalu, setelah louhan tidak merasa terancam, maka cobalah untuk memasukkan tangan secara perlahan kedalam akuarium dan elus kepala/jenong nya. Hal ini jika sering dilakukan akan membantu pembentukan jenong ikan louhan karena mendapatkan reaksi dari tangan kita sendiri.

Baca Juga: Merawat Arwana

Itulah 5 tips dan cara yang bisa anda lakukan dirumah untuk memperbesar jenong pada ikan louhan. Mungkin dilain kesempatan saya akan membahas lebih dalam bagaimana cara ternak ikan louhan yang baik dan benar. Jika ada kurang kata atau kelebihan kata, mohon di maafkan. Semoga sukses denga perawatan ikan louhan nya ya kawan-kawan semua.

Pencarian Ikan Terbaru:

  • Louhan
  • manfaat ulat hongkong untuk ikan louhan
  • apakah ulat hongkong bagus untuk louhan
  • ulat hongkong untuk louhan
  • manfaat ulat hongkong untuk louhan
  • cara merawat ikan louhan
  • ikan louhan
  • ikan louhan jenong batu
  • cara memelihara ikan lohan
  • perawatan ikan louhan
5 Tips Untuk Merawat Ikan Louhan Agar Memiliki Jenong Yang Besar | waw | 4.5