PERAWATAN IKAN ARWANA – 6+ Cara dan Tips Merawat Di Akuarium

Merawat arwana bisa dibilang gampang-gampang susah karena ikan hias ini termasuk jenis predator yang sulit untuk dipelihara. Mengapa predator itu sulit dipelihara karena harus membutuhkan makanan seperti ikan kecil, lipan/kelabang, jangkrik dan lain sebagainya.

Perawatan arwana di akuarium dikatakan mudah karena tidak terus menerus mengganti air karena jenis ikan arwana ini termasuk bersih. Oleh karena itu, jika memelihara ikan arwana tidak membutuhkan perawatan khusus semisalnya air, namun perlu diingat bahwa anda juga wajib mengganti air yang sudah kotor ya. Berbeda dengan ikan louhan ataupun ikan koi yang harus mengganti air seminggu sekali. Berikut akan saya jelaskan 10 cara perawatan ikan arwana beserta tips seperti ini:

1. Menjaga Kebersihan Air 3 Minggu Sekali

Untuk kesehatan ikan, penggantian air sangat diperlukan agar ikan tetap nyaman dan lincah. Sebagai pecinta ikan hias arwana, tentu kita harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan termasuk mengganti air ikan arwana. Nah, saya menyarankan agar air diganti 3 minggu sekali supaya akuarium selalu terlihat bersih dan segar untuk dilihat. Anda tidak perlu mengganti air kecuali jika anda masukkan ke dalam kolam ikan koi.

akuarium untuk arwana

akuarium untuk arwana

TIPS:
Jika tidak mau membersihkan akuarium secara rutin, anda bisa meletakkan filter yang paling mahal atau menggunakan ceramic ring di dalam filter air. Ceramic ring ternyata cukup efektif untuk membersihkan akuarium yang sering kotor.

2. Pemberian Pakan Yang Berkualitas

pakan ikan arwana

pakan ikan arwana

Untuk mendapatkan ikan yang berkualitas, tentu pakannya juga harus berkualitas. Begitu juga dengan ikan arwana, warna pada ikan akan tampak jelas apabila anda memberikan pakan yang baik dan benar sesuai pola makannya. Nah, apa saja pakan untuk ikan arwana yang bagus sebagai berikut:

  • Pelet Khusus Arwana
  • Belalang
  • Ulat Hongkong
  • Ikan Kecil
  • Udang
  • Kroto
  • Lipan/kelabang
  • Jangkrik

Itu adalah makanan favorit ikan arwana yang cocok untuk kamu coba berikan jika ingin mendapatkan kualitas ikan yang baik dan bagus. Jika rutin memberikan makanan seperti diatas, maka ikan arwana terawat dengan nyaman dan senang serta memiliki nial jual yang cukup tinggi sama halnya seperti jenis ikan sapu-sapu.

3. Ukuran Akuarium Untuk Arwana

Hal yang penting untuk perawatan yang harus kamu lakukan adalah memastikan ukuran akuarium ikan arwana. Secara ilmiah, ukuran arwana itu cukup besar dan bisa mencapai 5Kg dengan Ukuran Hampir 1 Meter. Oleh karena itu, jika anda ingin memelihara ikan arwana dalam jangka waktu yang panjang, maka sebaiknya membeli atau memesan akuarium yang lumayan besar. Selain itu, arwana merupakan jenis ikan yang lincah dan menyukai kedalaman sehingga tak heran jika akuarium ikan arwana juga harus besar sama halnya seperti merawat louhan.

merawat arwana di akuarium

merawat arwana di akuarium

TIPS:
ukuran akuarium arwana adalah 4 kali panjang tubuhnya atau sekitar 3 meteran dan tinggi sekitar 1 meter (Tapi sebaiknya sesuaikan dengan ukuran panjang ikan ya dan sesuaikan budget anda).

4. Suhu Air Akuarium

Penting juga nih untuk para pecinta arwana agar tahu bagaimana merawat ikan ini secara benar dan baik. Suhu air sangat berpengaruh pada perkembangan Arwana. Ikan arwana yang sehat mendapatkan perawatan yang khusus, bahkan suhu air juga diatur, tidak lebih dan tidak kurang. Suhu air untuk ikan arwana adalah berkisar antara 25 s/d 31 Derajat Celcius.

TIPS:
Agar memastikan suhu tetap terjaga, sebaiknya menggunakan temperatur khusus untuk akuarium dan setiap hari selalu di cek agar ikan arwana tidak stres.

5. Setting Akuarium Seperti Habitat Asli

Habitat ikan arwana adalah rawa-rawa atau sungai-sungai yang memiliki banyak rerumputan. Oleh karena itu, Sebaiknya isi akuarium seperti habitatnya di alam. Sehingga ikan arwana juga senang berada disitu. Anda bisa membeli perlengkapan akuarium tersebut dalam keadaan mati ataupun hidup, seperti tumbuhan, pasir ataupun bebatuan.

ukuran akuarium arwana

ukuran akuarium arwana

TIPS:
Anda bisa melihat berbagai DIY akuarium ikan arwana di Youtube. Di youtube, anda akan menemukan cara membuat akuarium arwana terlihat lebih bagus dan indah.

6. Gelembung udara dan Filter

Nah, agar air tetap bagus sebaiknya gunakan gelembung atau filter. Anda bisa membelinya di pasar ikan ataupun tempat-tempat khusus penjual aneka ikan hias arwana. Disitu ada banyak sekali yang kamu butuhkan untuk perlengkapan akuarium. Pastikan juga kamu sudah memodifikasinya agar terlihat lebih keren. Ya gak?

Nah, itulah beberapa tips merawat arwana beserta cara untuk mendapatkan kualitas yang terjamin dan oke. Anda bisa melihat artikel lainnya tentang merawat ikan louhan dan perawatan ikan koi pada artikel selanjutnya. Sampai disini dulu waw melakukan pembahasan tentang cara perawatan ikan arwana ya.

PERAWATAN IKAN ARWANA – 6+ Cara dan Tips Merawat Di Akuarium | waw | 4.5